Begini Cara Menggunakan Layar Split Pada Android

Diposting pada 213 views

Layar Split adalah sebuah fitur di android yang memungkinkan kita melakukan multitasking dalam satu layar smartphone. Fitur ini akan membagi dua layar android kita, sehingga kita bisa membuka dan menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Namun ternyata tidak seua orang mengetahui cara menggunakan layar split. Berikut ini adalah cara mengaktifkannya.

Begini Cara Menggunakan Layar Split Pada Android

Cara Mengaktifkan Split Screen

Untuk mengaktifkan layar ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sebagaimana urutan di bawah ini.

Langkah 1. Buka dahulu dua aplikasi yang hendak di aktifkan dalam layar split. Misal yang pertama adalah youtube dan kedua adalah WA. Maka buka kedua aplikasi itu satu persatu.

Langkah 2. Tekan tombol recet app, atau tombol yang emnampilkan aplikasi-aplikasi yang baru sakja digunakan.

Baca juga : Ini Fakta Dibalik Prosesor Snapdragon 865

Langkah 3. Aktifkan split screen. Caranya lihat di pojok kiri atas akan ada plihan split screen, tekan tombol tersebut lalu ikuti petunjuk yang muncul pada layar.

Langkah 4. Pilih aplikasi pertama yang hendak dipakai dengan splitscreeen. Tahan dan drag/geser ke atas. Maka separo layar akan menampilkan WA.

Langkah 5. Pilih aplikasi yang kedua yaitu youtube dengan cara mengetuknya. Maka otomatis layar bagian bawah akan melihat Youtube.

Dalam posisi menggunakan layar split semacam ini maka kita bisa menggunakan WA sambil menonton Youtube. Cara diatas dapat digunakan dengan berbagai aplikasi. Misal WA dengan Telegram, WA dengan browser, youtube dnegan browser, dll.

Cara mengatur lebar pembagian layar bisa dilakukan dengan mengatur batas pembatas antar layar atas dan bawah. Caranya tekan dan tahan garis pembatas. Lalu geser ke atas dan ke bawah untuk mengatur kelebaran layar keduanya.

Selanjutnya, untuk cara mengembalikannya bisa dilakukan hanya dengan menutup kedua aplikasi tersebut. Atau dengan menekan kembalirecet app dan menon aktifkannya. Mkaa penggunaan layar akan kembali seperti semula.

Baca juga : Mengenal Vivo V17 Spesifikasi Dan Harganya

Cara Menginstall Aplikasi Split Screen

Beberapa jenis smartphone sudah terinstall secara bawaan fungsi layar split ini. Namun beberapa lainnya tidak ada dan kita harus menginstal terlebih dahulu untuk dapat menggunakan layar split. Berikut ini adalah langkah-langkahya untuk menginstall fitur tersebut.

Langkah 1.  Masuk ke google store. Cari aplikasi “splits creen”. Cara mencarinya bisa menggunakan fitur “search” atau biasa dilambangkan dengan loop (kaca pembesar), dan ketik “split screen”

Langkah 2.  Pilih aplikasi yang di maksud. Caranya dengan menekannya. Aplikasi yang menyediakan fitur splitscreen cukup banyak di googlr play dan pada dasarnya semuanya gratis. Pilih saja yang dsuka.

Langkah 3. Install dengan menekan tombol “install” pada pilihan aplikasi tersebut. Tunggu proses install beberapa detik, hingga selesai.

Langkah 4.. Selesai. Layar split siap digunakan.

Langkah 5. Ulangi langkah yang menjelaskan mengenai cara mengaktifkan split screen di atas.

Baca juga : Spesifikasi Smartwatch Samsung 2019, Galaxy Watch Active 2

Manfaat keprakatisan Splitscreen

Terkadang kita terganggu saat asik melihat video youtube namun juga harus membalas pesan dari orang lain. Memindah-mindah aplikasi akan mengganggu proses video. Maka dengan fitur ini kita bisa melakukannya bersamaan.

Terkadang kita juga perlu mencatat hal-hal yang penting dari browser atau aplikasi lain. Misal kita mau transfer rekening dengan e-banking, mencatat nomor HP, mencatat hal penting di browser ke dalam pesan dan lain-lain. Semua itu sangat mudah dengan menggunakan layar split.

Baca artikel menarik lainnya



Ini Dia Beberapa Smartphone Tercepat 2019
Cara Mudah Hilangkan Aplikasi Malware di Android
Inilah Aplikasi Stok Barang Gudang Gratis Terpopuler
Inilah Aplikasi Penghasil Uang Tercepat dan Work 100%
7 Rekomendasi Permainan Gendang di Android Terbaik

Di atas telah dijelaskan bagaimana cara menginstall aplikasi layar split, cara mengaktifkannya serta manfaat dan keuntungan menggnakannya. Dengan layar split semua akan jauh lebih mudah. Sleamt mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *