Ini Fakta Dibalik Prosesor Snapdragon 865

Diposting pada 108 views
Ini Fakta Dibalik Prosesor Snapdragon 865

Qualcomm merupakan pemain besar dalam produksi prosessor untuk ponsel. Tahun lalu sukses dengan snapdragon 855, tahun ini memunculkan seri terbarunya prosesor snapdragon 865. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai prosessor yang akan rilis ini.

Menggunakan Teknologi Samsung EUV (Ultraviolet)

Qualcomm merangkul samsung untuk memproduksi prosessor terbarunya ini. Qualcomm menggunakan fabrikasi milik Samsung, yakni Extreeme Ultra Violet (EUV) Lithography, yang mana fabrikasinya 7 nanometer (nm)

Teknologi EUV merupakan teknik untuk merancang desain silikon kompleks dengan melaui proses fabrikasi yang semakiin kecil. Semakin kecil angka fabrkasi suatu prosessor, maka prosesor tersebut akan mampu memproses lebih cepat. Namun mampu menghemat pemakaian baterai pada smartphone.

Penggunaan teknologi EUV ini diharpakan mampu menaikkan kinerja prosessor snapdragon dari 20% hingga 30%. Serta mampu menjadikan penggunaan daya naik 30% hingga 50%.  

Baca juga : Helio G90 Chipset Dari Mediatek Menghajar Pasar Smartphone Gaming!

Mendukung Standar HDR10+

Prosesor Snapdragon 865 akan dijadikan prosesor andalan dari Qualcomm. Sebab dikabarkan akan mempu support terhadap standar HDR10+. Ini dikembangakn oleh Qualcomm dikarenakan berjaga-jaga kedepannya akan ada smartphone yang hendak menggunakan kamera 64 mega Piksel. Penggunaan kamera dengan resolusi sebesar it tentu membutuhkan prosessor yang sangat baik.

Sebaai penjelasan sekilas, bahwa  HDR10+ merupakan teknologi yang dapat memproduksi gambar denga warna yang detil, lebih cerah dan tampak realisitis. Tentu dengan menghasilkan tampilan yang lebih baik memerlukan performa prosessor yang juga lebih canggih.

Tersedianya teknologi baru dari Qualcomm ini tentu menjadikan daya tarik bagi perusahaan pembuat smatphone untuk menciptakan produk yang memiliki keunggulan kamera sebagai kelebihannya.

Baca juga : Ini Dia Beberapa Smartphone Tercepat 2019

3. Arsitektur CPU Generasi Terbaru

Prosesor Snapdragon 865 kabarnya akan menggunakan arsitektur CPU generasi terbaru ARM yaitu Cortex-A77. Arsitektur Cortex-A77 diluncurkan oleh ARM baru pada saat bulan Mei kemarin.

Dalam peluncuran Cortex A77, ARM menjelaskan bahwa bahwa arsitektur Cortex-A77 dilengkapi dengan GPU Mali G77. GPU Mali G77  memberikan  efisiensi energi yang lebih baik. Sleai itu juga memiliki kemampuan khusus untuk machine learning.

Selain itu, arsitektur CPU ini juga diklaim akan membawa peningkatan performa pada HP hingga 20 persen jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, Cortex-A76.

4. Dukung Teknologi 5G

Hal yang sedang hangat belakangan adalah berkembangnya teknologi 5G. Prosessor snapdragon milik qualcomm ini ditengarai hendak menciptakan prosessor yang mampu menggunakan jaringan 5g.

Baca juga : Mengenal Vivo V17 Spesifikasi Dan Harganya

Saat ini jaringan 5G masih sangat jarang sekali. Namun perkembangan teknologi yang terus berubah dengan pesat, membuat para pabrikan teknologi berlomba-lomba membuat kompatibel di kalangan meraka.

Dalam rangka agar prosessor ini mendukung penggunaan jaringan 5G pada smartphone, Snapdragon 865 akan hadir dengan adanya modem 5G yang tergabung di dalamnya. Samsung diprediksi akan menjadi pabrikan pertama yang mengguanakannya.

Kabarnya prosesor ini akan dirilis pada tahun 2020 nanti. Namun beberapa pabrikan smartphone sudah menanti untuk menggunakannya di produk mereka. Dengan berbagai kecanggihan yang dimiliki dan dukungan menarik darinya, tentu tidak heran jika kehadiran prosesor ini sudah ditunggu-tunggu.

Salah satunya merk yang sudah menunggunya adalah Samsung dimana ia akan membenamkan prosesor terbaru Qualcomm itu pada produk HP terbarunya nanti. Samsung akan menggunakan prosesor Snapdragon 865 di Samsung Galaxy S11 yang akan dilundurkan.

Baca juga artikel lainnya



CARA CEK IMEI SAMSUNG TERBARU 2020
Ini Dia HP Realme Terbaru Dan Harganya, Realme X50 Dengan Dukungan 5G
Daftar Harga Hp Terbaru Vivo 2019 Dan Spesifikasinya
Spesifikasi Smartwatch Samsung 2019, Galaxy Watch Active 2
Cara Mudah Hilangkan Aplikasi Malware di Android

Itulah empat fakta menarik mengenai prosesor baru dari Qualcomm ini. Prosessor ini diperkirakan akan dirilis pada tahun 2020. Penggunaannya dalam Smartphone akan dipelopori oleh Samsung melalui produknya Samsung Galaxy S11. Kehadiran prosessor ini juga diharapkan mampu mendorong penggunaan teknologi 5G sehingga terealisasi dalam penggunaannya dalam smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *