Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 10

Diposting pada 19 views
Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 10

Tidak Bisa Melihat Komputer Lain – Pernah tidak kalian mengalami masalah ketika komputer lain di network Windows 10 tidak bisa dilihat? Kejadian ini tentu saja dapat di alami oleh para pekerja kantoran, karena telah anda ketahui bersama komputer kantor harus saling menyambungan dengan komputer lainnya.

Alasannya memang untuk memudahkan ketika menggunakan file dari komputer lainnya, pengguna tidak perlu mengirim menggunakan perangkat lainnya. hanya dengan membukannya secara langsung melalui file folder dari komputer lain. hal ini tentu saja karena adannya koneksi network yang bisa mencakup banyak komputer, nah bagi anda yang masih tidak bisa melihat komputer lain di network Windows 10. Yuk langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

Baca juga : Cara Menghubungkan 2 Laptop dengan Wifi di Windows 10 Tanpa Ribet

Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 10

1. Usahakan Network and Sharing Center di Atur Lagi

Pertama, cobalah untuk periksa kembali opsi di Network and sharing center. Apakah layanannya sudah di aktifkan atau masih nonaktif, langkah seperti ini memang sering kali lupa padahal ini merupakan awal mula untuk mengatasi masalah akses. Jadi usahakanlah untuk dicek sekaligus atur kembali ya?

Cara panduannya cukup mudah untuk anda lakukan, bukalah perintah control panel, selanjutnya pilih Network and Sharing Center dan lanjutkan untuk klik hAdvanced Sharing Setting.

Adapun opsi yang harus anda aktifkan di pengaturan ini seperti mengaktifkan Network Discovery, opsi file and printer sharing dan juga aktif pada tampilan windows homegroup.

Selanjutnya semua sudah dilakukan langkah tadi di atas, lalu pada profil anda bisa melakukan aktif sharing public. Fungsinya untuk koneksi jaringan selalu terlibat ke dalam alamat perangkat lainnya sehingga dapat terbaca. Lalu anda bisa juga pada kata sandi untuk di nonaktifkan.

2. Opsi Network and Internet untuk Diatur Lagi

Berikutnya opsi yang bisa anda perbuat setelah selesai mengatur langkah di atas yaitu perhatikan network and Internet untuk di atur kembali. Sama halnya dengan di atas, anda di haruskan periksa kembali agar nanti bisa lancar pada step by step-nya.

Langsung saja buka di windows setting, lalu anda pilih opsi “Network and Internet”. Setelah itu jika perangkat anda memang terkoneksi dengan WiFi, maka pilihlah Ethernet. Lalu icon jaringan yang letaknya di bawah pojok kanan untuk diverifikasi kembali dengan opsi “Make this computer acces untuk enabled.

Persoalan yang terjadi kepada anda disini mungkin perlu deteksi untuk mengaktifkannya. Opsi selanjutnya masuk pada bagian Prompt bertujuan untuk ke administrator. Dengan menuliskan “netsh advfirewall firewall set rule group=”network Discovery”new enable=Yes”.

Baca juga : Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Asus

3. Usahakan Home Group untuk Atur Kembali

Kesalahan yang selama ini terjadi pada pengguna komputer network, biasannya melakukan problem pada workgroup. Solusinnya anda bisa menambahkan koneksi komputer masuk kedalam grup kerja anda. seperti halnya di kantoran pekerjaan anda.

Adapun cara untuk mengaturnya, dengan mengikuti langkah berikut ini :

  • Bukalah opsi Control Panel terlebih dulu,
  • Lalu pilihlah system dan
  • Selanjutnya anda klik “Advanced System Settings”
  • Untuk opsi kali ini anda bisa klik Computer Name,
  • Terus pilih perintah “Identification”

Untuk menyambungkan WorkGroup, anda bisa ikuti langkah ini,

  • Pilihlah “The computer is part of the corporate network”
  • Selanjutnya anda klik My organization uses a network without domains.
  • Lalu anda sekarang memilih dengan menulis nama work group atau grup kerja.
  • Dan saatnya anda restart komputer anda.

Mungkin jika cara ini masih kurang sempurna alias dirasa masih belum berhasil, tidak muncul ke komputer lain di network Windows 10 maka periksalah koneksi jaringannya terlebih dulu. Opsi sekarang yang perlu anda lakukan yakni jaringan di buat private, dan ikuti cara sederhana di bawah ini :

  • Open dulu Setting,
  • Selanjutnya klik Network and Internet
  • Lalu klik status,
  • Dan sekarang anda pilih Homegroup, untuk melanjutkan klik Change the Location on the network
  • Saatnya anda rubah mulai dari lokasi koneksi jaringan komputer, jika ada pertannyaan seperti “Do you want to allow… “ anda klik YES.

Baca juga: Terapkan Langkah-Langkah Ini Saat Instal Windows 10 Di Android

Nah, itulah beberapa Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 10. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *