Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 7

Diposting pada 15 views
Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 7

Tidak Bisa Melihat Komputer Lain – Tahukah anda cara akses komputer lain di network windows 7? Network merupakan software yang tersedia pada microsoft window dimana dengan fitur yang tersedia ini pengguna bisa melihat dan bahkan bisa mengambil file dari folder komputer lainnya.

Tidak hanya tersedia oleh dua komputer saja, network ternyata mampu menghubungkan banyak komputer. Namun terkadang ada beberapa masalah yang sering terjadi pada network windows 7 seperti ketika ada satu komputer sedang error, maka otomatis yang lainnya juga tidak bisa melihat komputer lain.

Memang pada setiap jaringannya jika komputer terhubung dengan networ, akan memiliki alamat yang biasa disebut sebagai IP Address. Nah buat anda yang ingin tahu cara mengatasi tidak bisa melihat komputer lain di network windows 7. Maka simak langkahnya berikut ini :

Baca juga: Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Komputer Yang Boros Listrik

Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 7

  1. Pertama, usahakan periksa lebih dulu koneksi jaringan anda apakah sudah terhubung dengan baik.
  2. Berikutnya, ketika komputer sudah terhubung network maka otomatis IP Address akan tersedia. Jika dilakukan secara manual seperti saat ini maka pastikan dulu secara benar pada alamat host dan network.
  3. Apabila langkah di atas sudah anda lakukan secara baik dan benar, tetapi masih saja belum bisa melihat network-nya, maka anda bisa melakukan dengan cara lainnya lagi seperti di bawah ini :

Baca juga: Cara Mengetahui iP Address Komputer Lain Dalam Satu Jaringan

Rekomendasi Cara Melihat Komputer Lain di Network Windows 7

oke mari kira mulai yuk simak baik-baik tutorial di bawah ini :

  1. Bukalah aplikasi terlebih dulu yang bernama Command Prompt.
  2. Selanjutnya jika sudah benar-benar terbuka di komputer, maka tekanlah tombol Windows + R secara bersamaan.
  3. Tunggu sampai keluar tampilan kotak run, lalu anda bisa langsung mengetikkan di bagian kotak tersebut dengan nama CMD.
  4. Setelah selesai anda sekarang bisa tekan OK/ tombol ENTER. Referensi lain anda bisa melalui start pada dekstop selanjutnya cari kotak bagian pencarian search dengan ketik CMD, lalu tekanlah ENTER.
  5. Sekarang aplikasi Command terbuka, tulis langsung dengan nama ipconfig.
  6. Jika selesai langsung saja pilih ENTER maka anda sekarang akan diinformasikan alamat IP Address pada perangkat, so jika anda saat ini menggunakan jaringan tanpa adannya kabel bisa langsung melihat keterangan Wireless LAN Adapter.
  7. Disini anda hanya mengetahui komputer yang akan di akses melalui window explorer. Carannya dengan menekan pada keyboard Window + E secara bersamaan.
  8. Lalu alamat IP Address menampilkan perintah, untuk meneruskannya langsung saja tekan Go atau pun ENTER pada keyboard.
  9. Apabila sudah tersambung langsung berarti anda telah berhasil melakukannya, namun jika masih ada perintah seperti username dan password yang keluar maka anda harus mengisinya kembali untuk melakukan konfigurasi di komputer.
  10. Langkahnya sangat simpel sekali, anda buka terlebih dulu pada icon jaringan bernama open network and sharing center.
  11. Untuk membuka dengan cara lainnya anda bisa langsung klik start lalu menuju tampilan control panel, selanjutnya pilihlah Network and Internet dan juga klik lagi nama Network and sharing center. Semua sama tinggal kemauan anda nantinnya.
  12. Namun jika anda memakai cara view by large/ small icons dengan langkah berbeda, seperti klik menu start, lalu pilih control panel dan juga sama pilih Network and Sharing Center.
  13. Setelah itu untuk melanjutkan lagi di perintah Network and sharing center, anda akan menemui perintah berikutnya seperti “Change advanced sharing setting”
  14. Lalu disini ada beberapa tampilan yang sudah tersedia seperti network private yang sifatnya pribadi, network Guest or public untuk kebutuhan banyak orang/ umum, dan all network profile.
  15. Jika anda ingin memasukkan password bisa masuk pada All Network Profile, dalam pengaturannya lihatlah di bagian bawah sendiri dengan memilih dan klik tombolnya “Turn off password protected sharing”
  16. Anda langsung tekan perintah Save Changes.
  17. Selesai, cobalah untuk akses lagi dan semoga berhasil.

Baca juga : Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Masuk ke Windows Dengan Benar

Nah, itu tadi referensi mengenai Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 7. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *