Cara Install Ulang Windows 10 Original Bawaan Laptop? Mau Tau, Yuk Simak!

cara install ulang windows 10 original bawaan laptop –  Jika Anda pengguna laptop yang memakai sistem operasi windows 10, Anda pasti sudah tau jika sistem operasi windows 10 merupakan  sistem operasi yang relatif stabil.

Walaupun seperti itu jika sistem operasi tersebut mengalami beberapa masalah misalnya kinerja menjadi lemot atau lambat akan memaksa Anda untuk melakukan install ulang, namun Anda tidak tau bagaimana cara install ulang windows 10 original bawaaan laptop. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk membaca ulasan dibawah ini.

Sebenarnya cara install ulang windows 10 original bawaan laptop tidak sesulit apa yang Anda bayangkan loh. Tidak sedikit orang yang melakukan suatu pembaharuan sistem operasi atau yang lebih dikenal sebagai upgrade dengan mudah.

cara install ulang windows 10 original bawaan laptop

Nah, sebelum Anda melakukan installasi sistem operasi windows ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal, diantaranya sebagia berikut.

Baca juga : Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Asus

Berikut merupakan langkah-langkah installasi windows 10.

  • Langkah yang kedua, setel BIOS di laptop Anda agar proses booting dari DVD installer bisa berjalan dengan lancar. Sebab pada umumnya PC/laptop yang pertama kalinya melakukan proses booting dari drive harddisk, maka dari itu Anda perlu melakukan setting pada pengaturan supaya laptop bisa melakukan booting melalui DVD installer. Maka langkah-langkah yang bisa Anda terapkan terlebih dahulu adalah sebagai berikut.
  • Dengan merestart atau menghidupkan perangkat laptop/PC Anda, kemudian tekan tombol delete. Pada langkah ini akan tergantung dengan motherboard atau manufacturer perangkat yang Anda gunakan, akan tetapi pada umumnya tombol yang biasanya digunakan untuk memasuki menu BIOS yaitu Delete, F1, F2, ataupun Fn+F2.
  • Kemudian akan muncul tampilan menu BIOS pada monitor.
  • Lalu, klik select menu boot dengan menggunakan tombol left dan right.
  • Pada menu boot akan terlihat jika device teratas merupakan hard drive. Yang artinya, gadget Anda melakukan booting untuk pertama kalinya menggunakan device tersebut.
  • Kali ini, Anda perlu mengubah urutannya supaya perangkat bisa melakukan booting menggunakan CD-ROM dengan cara klik device CD-ROM Drive, kemudian geser value dengan tombol -/+ hingga mencapai posisi paling atas.
  • Setelah itu masukkan DVD Installer pada DVD-ROM kemudian tekan F10 untuk keluar dari menu BIOS serta menyimpan hasil setelan sekaligus.
  1. Apabila sudah menyiapkan DVD Installer serta menyetel BIOS supaya perangkat bisa melakukan booting melalui DVD-ROM, Anda harus melakukan backup data-data yang penting dalam perangkat.
  2. Pastikan laptop Anda dalam keadaan cukup daya ketika proses instalasasi windows 10 dilakukan.

Jika tahap setting BIOS sudah Anda lakukan, langkah yang selanjutny adalah mereset windows 10 ke pengaturan pabrik. Ketika Anda memilih menu reset windows, Anda akan dihadapkan dengan opsi keep my files dan remove everything. Lalu perbedaan diantara keduanya seperti apa? Keep my files merupakan sebuah opsi yang mereset semua pengaturan dan file pribadi Anda akan tetapi masih menyisakan file-file pribadi yang Anda punya. Sedangkan remove everything akan menghapus semua file dan Anda akan merasakan sebuah  pengalaman dengan laptop baru.

Adapun langkah yang bisa Anda terapkan untuk merest ulang windows 20 adalah sbagai berikut.

  • Tekan tombol appaun yang terdapat pada keyboard Anda
  • Pilihlah opsi Indonesian yang ada pada menu Time and currency formay. Biarkan default pada language to install dan keyboard or input method.
  • Kemudian pilih install now.
  • Lalu centang pada I accept the license terms, kemudian pilih next untuk melanjutkan.
  • Dan langkah yang selanjutnya pilih costum : install windows only (advanced).

Apabila Anda sudah meilhat daftar semua drive dan partisi pada laptop Anda, maka langkah yang selanjutnya hanya perlu menghapus semua partisi dari disk Anda yang ingin menginstall windows 10.

Pilih pasrtisi drive 0 lalu pilih delet, apabila terdapat pemberitahuan pengaturan windows muncul maka silahkan pilih OK. Laptop Anda akan merestart dan masuk pada pengaturan dasar windows setelah penginstallan selesai dilakukan.

Dengan mengetahui cara mengatasi permasalahan pada laptop Anda, kini tidak perlu risau apalagi panik disaat mengalaminya. Cukup perhatikan dan terapkan pedoman yang sudah diulas diatas.

baca juga : Cara Setting Bios Laptop HP Untuk Install Ulang Pada Windows 10Terbaru

Jika  Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara install ulang windows 10 original bawaaan laptop.

Tinggalkan komentar