Cara Memindahkan Database Espt Pph 23 ke Komputer Lain

Diposting pada 5 views

Cara Memindahkan Database Espt Pph 23 – Bukan hanya file/ software saja yang pernah mengalami hilang di komputer/ laptop, hal ini juga bisa terjadi pada database eSPT yang bisa sewaktu-waktu tanpa diketahui akan hilang. Masalah seperti ini memang harus di atasi secepatnya, yaitu lakukanlah dengan cara menginstall-nya Espt untuk di upgrade/ versi terbarunnya.

Cara Memindahkan Database Espt Pph 23

Berbicara mengenai cara memindahkan database eSPT Pph 23 ke komputer lain, sebenarnya anda hanya menginstall aplikasinya eSPT saja di komputer lain. setelah itu database yang sudah terinstall anda masukkan ke aplikasinya eSPT tadi. jika selesai copy database eSPT, sekarang anda bisa melakukan open aplikasi melalui komputer lain. jika hasilnya ternyata tidak ada pada database-nya, berarti yang dilakukan kali ini harus adannya input data dari awal.

Cara Memindahkan Database Espt Pph 23 ke Komputer Lain

Sebelum melakukan cara memindahkan database eSPT Pph 23, ada baiknya anda terlebih dulu mengetahui penyebabnya database menjadi hilang atau pun kosong. Faktor yang utama tentu saja pengaruh dari aplikasi dari eSPT yang tidak berfungsi sebagai administrator.

Di samping itu pada User Account Control masih tidak di setting menuju never notify, singkat ulasan mengenai UAC ini adalah sebagai alat mencegah terjadinya virus atau pun malware di komputer anda, dampak yang akan terjadi pada program di komputer anda akan berubah meski sudah di setting dengan benar.

Jika anda pada UAC ini di setting menuju never notify, alangkah baiknya untuk dilakukan penginstall-an terlebih dahulu atau bisa juga anda bisa menggunaka program windows yang tidak ada sertifikasinnya. Di dalam settingannya anda open pada menu control panel, kemudian klik perintah user account and family safety, kemudian klik user account, lalu pilih change user account control setting dan anda bisa mengarahkan langsung menuju never notify yang letaknya berada di paling bawah sendiri.

Langkah Mengatasi Database eSPT Hilang saat Ingin Dipindahkan

  1. Pertama open terlebih dulu pada folder C, kemudian pilihlah users.
  2. Berikutnya, setelah anda buka users kemudian open pada perintah AppData. Untuk AppData anda jika tidak terlihat atau pun ke hidden maka langkah yang anda lakukan memastikan lebih dulu folder tadi dengan menekan menu view hidden files and folders, maka pastikan anda sudah mengetahui tanda centang pada bagian show pada hidden folders, files maupun drives.

Pada menu setting open terlebih dulu ke windows explorer yang posisinya berada di atas pjok kiri atas, lalu tekan Organize – folder kemudian cari option.

  • Selanjutnya anda menuju program files, berikutnya direktorat Jenderal Pajak, lalu pilihlah di menu eSPT PPh. Sesuaikan dengan tujuan pencarian anda.
  • Yang terakhir pada folder database, anda bisa langsung melakukan copy database untuk dipindahkan ke komputer lain. mudah bukan?

Langkah Copy Master Sekaligus Membuka Espt

  1. Bukalah file program terlebih dahulu isinya DJP, eSPT 4(2), dan Database 4(2). Untuk isinya : espt_4a2v1.mdb, carannya folder database anda copy terlebih dulu melalui hardisk , lalu klik program file DJP, eSPT kemudian paste di dalam Espt PPh foldernya tersebut, isi di dalamnya akan tertulis espt_4a2v1.mdb
  2. Pilihlah program file terlebih dulu, lalu DJP Espt ppH 23-26, dan Database MEL yang isinya dbf113203.mdb, carannya opy lah folder database MEL menuju ke hardisk C, lalu pilih program file, DJP Espt ppH 23-26, kemudian paste di dalam foldernya eSPTH.
  3. Pilih lebi dulu program file, DJP, Espt PPn 1111, DB yang isinya MEL_2.accdb

Caranya sama folder Db untuk anda arahkan ke hardisk C, lalu pilih program file seperti DJP, Espt PPN 11, db, kemudian paste pada foldernya db tadi.

Apabila jika anda menemui database tidak bisa kebuka disaat membukannya, maka penyebab ini biasannya karena adannya kegagalan dalam koneksi di database anda. namun anda tak perlu khawatir disini akan langsung diberikan solusinnya, saranya cobalah untuk mengecek DSN, dengan melakukan pengaturan lagi DSN.

Nah, itu tadi tentang Cara Memindahkan Database Espt Pph 23 ke Komputer Lain. semoga informasi ini memberikan manfaat sekaligus menambah wawasan bagi anda semuannya. Selamat mencobannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *