Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Ampuh, Solusi Tepat Buat Masalah Anda!

Diposting pada 47 views
Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Saat ini laptop banyak digunakan untuk berbagai urusan pekerjaan, sekolah, bahkan dalam beragam keperluan. Tetapi, sebagai alat elektronik pada umumnya tentu pernah mengalami kendala atau problem. Terutama, bila komputer tersebut sudah berumur cukup tua. Salah satu kendalanya yakni laptop atau PC yang lemot, tentu membuat Anda kesal kan Guys.

Pekerjaan penting terkadang memerlukan laptop atau PC yang cepat dan tanpa lemot. Tetapi, masalah di atas tentu menjadi hambatan tersendiri. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena setiap kendala pasti ada solusinya. Sehingga, dapat mengatasi laptop atau PC Anda supaya kembali lancar dan kencang. Namun sebelum membahas mengenai Cara Mengatasi Laptop Lemot, Anda perlu tahu terlebih dahulu tentang penyebabnya. So, berikut ulasan dari Watpedia:

  1. Terdapat virus pada laptop atau PC, sehingga membuat memori tiba-tiba penuh dan laptop menjadi lemot.
  2. Terlalu banyak aplikasi yang memenuhi laptop atau PC Anda, dan aplikasi yang otomatis berjalan saat mengoperasionalkan laptop membuatnya lemot atau lamban.
  3. Usia Hardisk yang semakin tua. Teknologi memang perlu diperbarui, karena dengan memperbarui akan menambah daya kecepatan dan kelancaran dalam penggunaan laptop atau PC tersebut.
  4. Kapasitas RAM yang sedikit. RAM atau ruang penyimpanan sedikit membuat laptop lemot. Semakin banyak menyimpan data, maka RAM akan semakin sedikit.
  5. Jarang melakukan update sistem operasi. Salah satu kendala lainnya seperti jarang mengupdate atau jarang memperbarui sistem operasi sehingga membuat laptop lemot.
  6. Terlalu banyak mengakses internet di browser. Hal ini juga dapat mengakibatkan laptop atau PC menjadi lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot, Biar Kembali Lancar Tanpa Hambatan!

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Setelah Anda mengetahui penyebabnya di atas, sekarang saatnya mengetahui Cara Mengatasi Laptop Lemot. Supaya, bila ini terjadi pada komputer Anda maka bisa menanganinya sendiri. Sehingga, tidak perlu menyewa jasa Service Laptop yang memakan biaya. So, langsung saja berikut caranya Guys.

1.Upgrade RAM

RAM adalah ruang penyimpanan di laptop atau PC. Seringkali RAM yang penuh membuat laptop Anda lemot nggak karuan. Memori yang penuh akan membuat laptop semakin lemot. Maka, Anda memerlukan upgrade memori agar lebih muat banyak dan laptop yang lemot kembali lancar. So, ganti RAM lebih besar sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Biasanya kapasitas RAM yang diberikan pabrik berkisar antara 2 – 4 GB. Jika kurang memori yang dipakai atau lemot, maka perlu upgrade RAM. Setidaknya membutuhkan 8 GB, agar laptop atau PC tidak lemot lagi.

2.Melakukan Full Scan Antivirus

Virus biasanya membuat laptop lemot. Virus di laptop atau PC memang sangat berbahaya. Virus juga bisa membuat laptop lemot, sehingga menghambat aktivitas Anda. Solusi untuk masalah ini adalah melakukan Full Scan Antivirus secara rutin minimal seminggu sekali. Banyak software antivirus yang bisa didapatkan di browser.  Anda harus selalu mengupdate antivirus, agar dapat menghapus virus dengan cepat dan mudah. Sehingga, antivirus dapat terbaca dan terhapus.

3.Uninstall Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Untuk menggunakan laptop agar tidak lemot, maka cara selanjutnya perlu uninstall aplikasi yang tidak diperlukan. Terkadang banyak aplikasi yang tidak diperlukan, tetapi masih disimpan di laptop atau PC. So, akan membuat laptop menjadi lemot. Agar laptop bisa bekerja optimal kembali, maka Anda perlu uninstall aplikasi yang tidak diperlukan. Pilih mana saja aplikasi yang jarang dipakai. Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Sehingga, akan memperkecil muatan kapasitas di laptop atau PC.

4.Melakukan Perawatan Hardware Secara Teratur dan Rutin

Melakukan perawatan hardware juga dapat mengatasi laptop atau PC yang lemot. Mungkin banyak orang yang kurang mengetahui bahwa hardware juga dapat mempengaruhi laptop yang lemot. Maka, kita perlu melakukan pembersihan hardware seperti: Kipas, Prosesor, dan lain sebagainya.

5.Mengganti Memori HDD Ke Memori SSD

Memori HDD atau bisa kita sebut dengan Hardisk mempunyai kapasitas yang tidak banyak atau hanya minimum, maka Anda perlu menggantinya dengan memori SSD (Solid State Drive). Sehingga, membuat start up laptop dan proses menjalankan aplikasi lebih cepat dan tidak lemot. Proses ini akan membuat booting lebih efisien dan efektif. Cara ini sangat dianjurkan, karena akan membuat laptop lebih cepat atau anti lambat. Pasalnya, mampu mengurangi penyimpanan dalam memori hardisk (HDD). Tetapi memang memori SSD (Solid State Drive) mempunyai harga yang cukup mahal. Namun, manfaatnya akan sangat berguna untuk mengatasi laptop yang lemot dan lamban.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Demikianlah beberapa ulasan dari Watpedia, mengenai penyebab laptop atau PC menjadi lemot dan juga Cara Mengatasi Laptop Lemot. Sehingga, akan mempermudah Anda dalam mengatasinya dan dapat digunakan dengan normal kembali. Oke, semoga ini  bermanfaat bagi Anda semua para Pembaca setia. Sekian dari kami dan terimakasih. Jangan lupa Guys, share artikel ini ke semua sosial media kalian!

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *