Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Internet Windows 7 Paling mudah

Diposting pada 1.412 views
Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Internet Windows 7

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek – Tak sedikit yang mengalami masalah seperti ketika ingin internetan, namun tidak bisa konek pada laptop. Hal ini memang terjadi pada smua versi khususnya Windows 7. Problem seperti ini memang membuat seseorang menjadi khawatir, apalagi yang akan di lakukannya untuk memperbaiki. Dan yang menjadi masalahnya lagi beranggapan sistem operasi laptop mengalami kerusakan.

Tanda permasalahan laptop tidak bisa konek internet, bisa dilihat dari mengaktifkan wifi atau pun koneksi selular data/ hotspot yang biasannya akan muncul icon nama koneksi tersebut. Jika tidak muncul maka anda bisa memperbaikinnya dengan mengikuti langkah di bawah ini :

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Internet Windows 7

Sebelum anda memperbaiki problem yang tak bisa konek pada laptop, ada baiknya terlebih dahulu ketahui penyebab utama tidak konek internet pada windows 7.

  • Jika perangkat modem mengalami error di sambungkan memang tidak akan bisa, namun sinyal akan tetap terbaca.
  • Jika sistem mengalami kesalahan, biasannya di sebabkan oleh windows yang mengalami bug atau gangguan.
  • Biasannya konek internet tidak bisa karena kesalahan konfigurasi, sehingga windows begitu sulit untuk membaca koneksi yang di sambungkan pada laptop dan tanda-tandannya tudak terlihat logo koneksinnya. Dan masih ada lagi yang lainnya.

1. Lakukan Restart Terlebih Dulu pada Modem

Bagi anda yang memakai modem internet untuk di koneksikan pada laptop, ada baiknya lakukan restarti dulu  pada modem tersebut. Hal ini agar koneksi Wifi bisa tersambung secara normal dan menjadi lancar.

Cara ini memang begitu efektif dilakukan oleh kebanyakan orang, selain mudah juga anda tidak banyak menguras waktu anda. jadi cara restart disini anda hanya melakukan seperti refresh, anda bisa melakukannya secara berulang ya sampai koneksi benar-benar terbaca pada windows di laptop anda.

2. Lakukan Reset Modem

Terkadang pada modem sendiri tiba-tiba jaringannya putus tanpa ada masalah yang diketahui, hal ini anggapan anda pasti modem mengalami error atau internetnya tidak kuat sinyalnya.

Agar kondisi modem terkoneksi secara normal pada laptop, solusinnya anda bisa meresetnya ya? cara yang bisa gunakan jika menggunakan Router terlebih dahulu akses ke halaman admin browser (192.1681.1) lalu masuk ke menu setting dan pilih perintah reset.

Cara berikutnya buat anda yang menggunakan modem USB, bisa langsung masuk aplikasi bernama mobile partner, selanjutnya pilih menu setting dan cari opsi dengan nama reset biasannya di bagian Device.

3. Melakukan di Troubleshoot Network

Langkah yang satu ini biasannya dilakukan ketika cara di atas belum berhasil, karena dengan melakukan troubleshoot network ini anda akan mengetahui penyebab koneksi internet yang tidak bisa menyambung pada laptop.

Carannya pun cukup sederhana, anda cukup open terlebih dahulu fitur Troubleshoot Network di jaringan. Langkahnya masuk control panel, dengan memilih network and internet, lalu anda tekan nama network and sharing center. Dan yang terakhir tekan dengan klik Troubleshoots Problems. Cukup mudah bukan?

4. Usahakan IP Tidak Salah

Untuk settingan IP ini pun anda tidak boleh asal-asalan, karena begitu mempengaruhi koneksi anda nantinnya yang sering error. Cara awal anda bisa membuka terlebih dulu control panel, lalu masuk perintah Network and Internet, kemudian pilih Network and Sharing Center dan pilih Adapter Settings.

Untuk pengaturan selanjutnya anda klik kanan pada mouse dengan memilih TCP/Ipv4, berikutnnya anda lakukan setting IP Address dan alamat DNS menuju Automatically. Kalau setuju anda tekan ok, dan coba terlebih dahulu cek dengan menutup semua halaman yang terbukan dan koneksikan.

5. Windows Perbarui atau Install

Anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini, karena jika koneksi internet masih error dan masih sulit tidak terkoneksi pada windows 7. Maka solusinnya memperbaiki windows dengan cara Install kembali.

Karena bisa jadi windows 7 pada laptop anda sudah lama tidak di perbarui sehingga sering error dan tidak bisa kebaca oleh perangkat internet. Disini anda juga bisa melakukan install ulang atau bahkan upgrade ke Windows di atasnya, seperti awalnya 7 anda bisa menaikkan menjadi windows 8.

Nah, itu tadi tutorial versi watpedia tentang Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Internet Windows 7. Semoga referensi ini bermanfaat dan membantu anda untuk memperbaikinnya. Selamat mencoba.

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *