Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Sampai Bersih

Cara Menghapus Aplikasi di LaptopMenggunakan laptop setiap orang pastinnya bermacam-macam fugsinnya, seperti salah satunnya untuk mengerjakan tugas dikantor atau bisa jadi digunakan untuk menghibur diri ketika lagi waktu kosong dengan mendengarkan musik di winamp atau juga bisa bermain game .

Maka dari itu tidak heran apabila di perangkat laptop terdapat beraneka ragam aplikasi untuk dimiliki dan sesuai kebutuhannya. Aplikasi yang digunakan tentu sebelumnya harus dilakukan instalisasi, sedangkan aplikasi yang ingin di hapus maka harus di uninstal. Tapi sayangnya setiap orang selalu kebingungan ketika ingin menghapus aplikasi yang tidak terpakai, jika anda salah satunnya ada baiknya untuk menyimak cara menghapus aplikasi di laptop.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Sampai Bersih

Di watpedia ada beberapa langkah yang bisa anda gunakan ketika menghapus aplikasi di laptop, antara lain menggunakan Start Menu, fitur control panel, melalui setting dan menggunakan bantuan aplikasi. Nah, sebelum melanjutkan ke poin isi sebaiknya anda siapkan terlebih dulu aplikasi apa saja yang akan di hapus secara permanen. Jika sudah yakin langsung saja lanjutkan dengan cara dibawah ini :

1.Gunakan Aplikasi Start Menu

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Yang pertama, buat anda yang masih belum paham cara menghapus aplikasi dilaptop maka gunakanlah aplikasi start menu. Pengguna laptop pasti sudah paham betul letak start menu ini, dimana fitur ini untuk mengakses berbagai program seperti membuka folder dan juga pengaturan sistem.

Jika anda pengguna windows 10 versi terbaru, letak icon jendela berada di bawah sebelah kiri di taksbar laptop anda atau bias juga melalui keyboard dengan menekan logo windows yang letaknya di bawah sendiri sebelah kiri.

Yuk langsung saja yang pertama bukalah menu start terlebih dulu, kemudian pilih aplikasi yang akan anda hapus/ uninstall carannya dengan klik kanan pada mouse lalu ada tampilan pilihan seperti Pin to Start, More dan Uninstall. Kalau anda disini tujuannya tak lain menghapus aplikasinnya berarti pilih perintah uninstall dengan meng-kliknya.

2.Menggunakan Control Panel untuk Menghapus Aplikasi

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Berikutnya, rekomendasi untuk menghapus aplikasi di laptop yang paling mudah di ingat carannya yaitu melalui aplikasi control panel, biasannya kegunaan control panel sendiri itu sangatlah beragam muai dari pengaturan system hingga fitur yang bermacam-macam untuk anda pilih.

Cara mudah menghapus/ uninstall melalui control panel, awalnya bukalah fitur dari control panel. Jika anda masih bingung letaknya menu control panel ini, bias melalui jendela yang iconnya berada di sudut kiri bawah kemudian klik kanan pada mouse. Baru anda cari disitu perintah menu control panel, dan klik kiri mouse tunggu sampai membuka halaman menu-nya.

  • Setelah berhasil membuka fitur control panel, sekarang anda pilih perintah baru dengan nama search & cortana. Sampai sini mungkin anda sudah berhasil menemukannya.
  • Lanjut ke langkah satu ini pada power user, shortcut dengan menekan tombol kombinasi windows + X lalu ketik nama control panel.
  • Kemudian pada windows run, shortcut tekan kombinasi tombol Windows + R lalu ketikkan nama control panel.
  • Pada perintah Command Prompt kali ini anda bisa langsung tulis nama control panel dan,
  • Pada menu windows powershell, di dalamnya tulis control panel. Agar cara ini lebih simple dari awal anda bias copy paste tulisan control panel saja, sehingga nantinnya tinggal memasukannya.

Apabila sudah sampai pada fitur control panel yang sudah dibuka, anda sekarang bias klik bagian bawah berwarna biru “Uninstall a program”. Kemudian tampilan di dalamnya merupakan daftar program atau software yang sudah terinstall pada laptop, kali ini anda ingin menghapusnya aplikasi yang di tuju carannya pilih aplikasinnya klik kiri, selanjutnya pilih nama uninstall di atasnya/ bias juga dengan klik kanan mouse sehingga akan muncul uninstall lalu klik. Sebenarnya sama saja, tinggal keinginan diri anda saja ya?

3.Menggunakan Menu Settings untuk Menghapus Aplikasi

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Langkah yang satu ini terbilang paling mudah ketika menghapus aplikasi di laptop, rekomendasi ini sebenarnya sudah banyak yang mencobannya melalui menu settings yang sudah tersedia di windows. Nah, bagi anda yang belum paham atau tidak pernah mencobannya bisa ikuti langkah selengkapnya disini :

  • Awalnya bukalah di start menu yang berada di desktop, lalu pilihlah perintah ikon settings.
  • Berikutnya, anda cari fitur yang bernama search & Cortana. Untuk melanjutkannya,
  • Pilihlah perintah pada shortcut dengan menekan tombol kombinasi Windows + I pada keyboard laptop.
  • Kemudian pada tampilan power user anda bisa menekan tombol kombinasi seperti Windows + X dengan masukkan nama Settings
  • Kali ini di perintah Command Prompt tinggal memasukkan dengan menulis nama start ms-settings dan,
  • Tampilan windows PowerShell ikuti perintahnya dengan masukkan nama start ms-settings.

Sekarang ini anda akan dihadapkan pada lembaran di fitur settings, disitu terdapat beberapa menu pilihan di antarannya seperti System, Devices, Network % Internet, Personalization, Apps dan Accounts. Tapi anda cukup memilih satu saja menu dengan nama Apps lalu klik kiri di mouse. Berikutnya lanjutkan dengan klik perintah nama Apps & Features, setelah anda klik kiri tadi maka saatnya anda akan dihadapkan dengan beragam menu aplikasi yang sudah terinstall untuk anda hapus salah satunnya, sebelum menghapusnya pilih aplikasi yang anda maksud dengan cara klik kiri saja lalu pilih uninstall. Selesai

4.Menggunakan Aplikasi Revo Uninstaller untuk Menghapus Aplikasi

Cara menghapus aplikasi di laptop yang tak boleh anda lewatkan begitu saja dan harus di coba adalah aplikasi revo uninstaller. Keunggulan memakai aplikasi satu ini memang berbeda sekali dengan cara di atas, jika anda uninstall dengan revo uninstaller ini tidak ada sedikit pun bekas registry yang tertinggal. Sehingga akan membuat kinerja system laptop menjadi lemot, sedangkan untuk revo uninstaller ini menghapus sampai ujungnya.

Sebelum anda melanjutkan ke langkah untuk melakukannya, ada baiknya untuk menyiapkan aplikasi revo uninstaller terlebih dahulu. Anda tak perlu biaya seperti pembayaran karena bersifat gratis. Untuk referensi unduhan aplikasi revo uninstaller : Klik Disini! https://www.nesabamedia.com/download-revo-uninstaller/

  • Pertama, setelah anda sudah unduh aplikasi revo uninstaller. Sekarang anda coba untuk langsung install agar bisa digunakan untuk menghapus aplikasi.
  • Berikutnya aplikasi revo uninstaller sudah anda buka maka akan muncul tampilan daftar software/ program untuk anda pilih sebelum dilakukan penghapusan/ uninstall.
  • Jika sudah yakin anda terhadap pilihan aplikasi yang tidak terpakai, maka klik kanan pada mouse lalu pilih perintah uninstall yang berada di atas sendiri.
  • Ada rekomendasi lain untuk anda yang uninstall dengan praktis, yakni double klik kiri kemudian di perintah scanning mode, ada perlu klik advanced dan pilih scan.

Nah, itu tadi watpedia yang dapat sampaikan tentang Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Sampai Bersih. Semoga referensi ini bermanfaat dan selamat di coba.

Tinggalkan komentar