Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kamera Bagi Pemula

Diposting pada 146 views

Banyak yang bingung ketika dihadapkan dengan lensa kamera. Wajar karena di pasaran ada banyak lensa yang bisa ditemui untuk pemotretan. Jika kita tahu mana lensa kamera yang pas tentu hasil pemotretan yang kita hasilkan juga baik. Di artikel ini watpedia akan membahas mengenai jenis-jenis lensa kamera yang harus Anda ketahui sebelum membelinya. Berikut jenis-jenis kamera tersebut.

Lensa Kit

Lensa kit juga disebut sebagai lensa bawaan. Maksudnya, setiap membeli kamera lensa ini selalu disediakan di paket tersebut. Umumnya, lensa ini mempunyai ukuran 18-55mm. Meskipun dikenal sebagai lensa bawaan namun kualitas hasil gambar yang dihasilkan cukup mumpuni. Lensa ini cocok digunakan oleh pemula karena harga yang terjangkau sekaligus cara menggunakannya cukup mudah.

Kelebihan menggunakan lensa kit adalah lebih fleksibel. Maksudnya, pengguna tidak akan bingung atau sibuk karena harus mengganti lensa. Pasalnya jika ingin memgambil gambar dengan lensa fokal lebar, pengguna tidak harus mengatur rentang fokal didalamnya. Jadi tidak akan memakan waktu ketika pemotretan.

Lensa Fix Atau Prime

Lensa fixed dikenal juga sebagai lensa prime. Lensa jenis ini tidak mempunyai elemen bergerak seperti fokal length tetap hingga aperture tetap. Keunggulan menggunakan lensa ini adalah foto yang dihasilkan lebih tajam. Bentuk fisik yang ringkas memudahkan lensa digunakan untuk berbagai keperluan, baik landscape, portrait atau sebagainya.

Bukan hanya hasil foto yang tajam saja, keunggulan lainnya, bukaan aperturenya lebih luas sehingga bisa digunakan ketik situasi kurang cahaya. Berat yang ringan membuat lensa ini cocok dibawa kemana saja tanpa harus membebani penggunanya dan tentunya tidak membutuhkan muatan yang besar karena ukurannya yang kecil.

Lensa Wide Angle Lens

Lensa wide angle lens adalah lensa sudut besar yang sering dipakai fotografer profesional. Sesuai namanya, lensa ini mencangkup sudut gambar yang luas sehingga lensa bisa memasukkan area yang luas dibidang foto yang dihasilkan. Bisa disebut lensa jenis ini cocok untuk foto landscape. Umumnya lensa ini berukuran 17mm hingga 40mm.

Ciri khas lensa wide angle lens adalah membuat objek menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Dengan menggunakan lensa ini, pengguna bisa memotret lebih banyak orang berjejer dibanding lensa standar. Semakin pendek  jarak fokus, semakin lebar pandangan yang dihasilkkan kamera ini.

Lensa Standar Atau Normal

Jenis-jenis lensa kamera berikutnya adalah lensa standar yang mempunyai panjang fokal 40mm – 60mm. Lensa standar mampu menangkap adegan dekat sesuai apa yang dilihat mata manusia. Lensa ini bagus jika digunakan untuk memotret adegan dimana pengguna perlu menghilangkan sesuatu yang menganggu di foto.

Sama dengan lensa sebelumnya, lensa standar bagus jika digunakan untuk memotret landscape. Lensa 50 mm dengan f/1.8 adalah lensa luar biasa yang perlu Anda miliki jika ingin mengambil gambar jenis lain. Namun jika hanya ingin mengambil foto landscape, Anda harus melihat melalui zoom yang ada di kamera Anda.

Lensa Tele

Secara teknik lensa ini mempunyai ukuran 70mm bahkan bisa lebih. Lensanya menghasilkan distorsi paling kecil. Karena alasan ini, tidak heran jika lensa tele paling bagus jika diterapkan untuk foto portrait. Lensa tele berguna saat pengambil foto dan Anda tidak bisa berdekatan dengan objek tersebut. Contohnya objek kehidupan hewan hingga olahraga.

Meskipun demikian, kelemahan utama lensa tele adalah ukurannya yang cenderung berat dan besar.  Bukan hanya itu, lensa tele juga tidak bisa mengambil objek dengan baik ketika Anda berada di lokasi yang terlalu dekat dengan ojek. Biasanya fotonya akan ngeblur dan tdak maksimal.

Lensa Makro

Lensa makro sering digunakan untuk membuat gamar close up ekstrim. Biasanya lensa ini dipakai untuk mengambil ojek kecil seperti serangga dan bunga. Lensa makr bisa menghasilkan foto yang ukuran skalanya lebih besar dari ukuran sebenarnya. Lensa kameranya memungkinkan untuk dekat dengan objek dengan tetap mempertahankan fokus ketajamannya.

Kelebihan lensa kamera ini adalah ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga tidak berat ketika digunakan. Bukan hanya itu, kamera ini juga tidak membutuhkan wadah yang besar untuk menyimpannya. Meskipun demikian,Anda harus dekat dengan objek dan menjaga kestabilannya. Jadi wajar Anda harus menggunakan tambahan tripod untuk alat bantu.

Lensa Fisheye

Lensa fisheye merupakan lensa ultra wide angle yang memiliki panjang lensa 15mm. Lensanya mempunya jarak pandang 180 derajat. Efek utama menggunakan lensa ini adalah hasil yang seperti melihat dunia didalam ikan. Itulah alasannya kamera ini disebut fisheye. Fotonya terlihat menyimpang sedangkan objek lebih besar dibanding normana.

Demikian pembahasan dari watpedia mengenai jenis-jenis lensa kamera yang ada di pasaran. Setiap lensa mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu, lensa tersebut juga diterapkan di penggunaan yang berbeda.  Jadi saat ingin membeli lensa, Anda harus memperhatikan kebutuhan terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *