Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Sekarang, Khususnya Pertama & Kedua!

sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang? Tentunya, ini sangat penting dipelajari oleh kita semuanya untuk memperluas wawasan terkait kemunculan komputer yang telah membawa perubahan dan kemudahan.

sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang

Sehingga, kita dapat memahami filosofi tentang perkembangan dunia komputer dari masa ke masa. Terlebih, bagi Anda yang sedang berprofesi sebagai praktisi komputer maupun pengajar di bidang TIK harus memahaminya.

Atau, bagi kalian para pelajar yang sedang menempuh study di bidang ilmu komputer serta informatika. So, langsung saja berikut sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang. Selamat membaca Guys!

Baca juga : Makalah Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Sejarah Komputer Generasi Pertama, Tabung Vakum (1946 – 1959)

Tahun 1946 pertama kali diciptakan komputer generasi pertama, dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar pembuatan. Tabung yang digunakan sebagai komponen dasar ini memang dikenal tidak efisien di beberapa aspek, karena cepat sekali panas ketika dipakai.

Selain itu, komponen ini membutuhkan daya listrik sangat besar dalam pengoperasiannya. Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) merupakan salah satu contoh komputer generasi yang pertama. Komputer generasi pertama dicetuskan oleh J.Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania.

Mereka berdua membangun ENIAC dengan menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki dan mempunyai berat yang mencapai sekitar 30 ton.

Sejarah komputer generasi pertama ini menjadi digital elektronik yang dipakai untuk kebutuhan paling umum. Program ENIAC sudah dirancang pada tahun 1942, namun dimulai baru di tahun 1943 dan selesai pada tahun 1946. Bentuk program ENIAC memiliki ukuran sangat besar bahkan pada peletakkan program ini membutuhkan ruang seluas 500 m2.

ENIAC juga menggunakan 75.000 relay dan saklar, 18.000 tabung, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor. Saat memulai pengoperasian, ENIAC membutuhkan daya listrik sangat besar, yaitu sekitar 140 kW. Dana yang dibutuhkan untuk membuat perangkat tersebut mencapai 1 juta dollar.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Pertama, sebagai berikut:

  1. Memiliki hardware yang jauh lebih besar, serta membutuhkan ruang lebih luas.
  2. Interior design sistem operasi dibuat secara spesifik dan hanya dapat melakukan tugas tertentu.
  3. Program hanya dapat dibuat memakai bahasa mesin.
  4. Menggunakan silinder magnetic untuk menyimpan data.
  5. Membutuhkan daya listrik sangat besar.
  6. Butuh mesin pendingin karena cepat panas.
  7. Kapasitas penyimpanan yang kecil.
  8. Kinerjanya lambat.
  9. Memakai konsep stored program dan menggunakan magnetic core storage sebagai memori utama.
  10. Menggunakan tabung hampa sebagai sirkuit.

 

Sejarah Komputer Generasi Kedua, Transistor (1959 – 1965)

Tahun 1959, komponen dasar untuk merancang komputer adalah teknologi transistor. Komponen ini dinilai jauh lebih efisien jika dibandingkan tabung vakum. Transistor mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan tabung vakum, serta daya listrik yang diperlukan juga lebih kecil untuk pengoperasiannya.

Biaya pembuatan juga jauh lebih terjangkau. Bahasa pemrograman telah diganti menggunakan bahasa Assembly dan bahasa simbolik. Dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut, Programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata.

Mesin yang pertama kali menggunakan teknologi ini ialah superkomputer. IBM juga telah membuat superkomputer dengan nama Sprery-rand dan Stretch, serta menjadikan komputer dengan nama LARC.

Komputer ini dikembangkan di laboratorium menggunakan energi atom. Pada tahun 1965, hampir berbagai bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi dengan keuangan bisnis.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua, sebagai berikut:

  1. Telah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi fortran dan cobol.
  2. Kapasitas memori utama menggunakan magnetic core storage.
  3. Menggunakan simpanan eksternal seperti magnetic tape dan magnetic disk.
  4. Mampu memproses secara real time dan real sharing.
  5. Ukuran fisik jauh lebih kecil dibanding komputer di generasi pertama.
  6. Kinerjanya lebih cepat.
  7. Daya listrik lebih kecil.
  8. Pemakaian program ini tidak lagi terpaku pada aplikasi bisnis namun juga pada aplikasi teknik.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai, sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang.

Tentunya, sangat penting untuk memperluas wawasan seputar ilmu komputer dan informatika. Sehingga, selain memanfaatkan kegunaannya untuk mempermudah pekerjaan kita pun mampu memahami sejarahnya dari masa ke masa. Apalagi, bagi para pelajar yang mengambil bidang study komputer sains ataupun informasi dan jaringan.

Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih. Sampai jumpa di konten-konten terbaik yang selanjutnya!1

Tinggalkan komentar