Cara Masuk ke Komputer Orang Lain Lewat Jaringan LAN

Diposting pada 46 views

Cara Masuk ke Komputer Orang Lain Lewat Jaringan LAN – Membuat jaringan LAN mungkin dianggap sangat mudah oleh beberapa orang. Khususnya bagi Anda yang merupakan anak TKJ, membuat sebuah jaringan komputer adalah makanan sehari-hari yang harus dipahami betul. Dengan membuat jaringan komputer, berarti kita akan menghubungkan antar komputer agar bisa melakukan sharing data, file ataupun sumber daya (internet, printer, dll). Pada jaringan LAN, salah satu komputer ada yang bertindak sebagai server dan komputer lain bertindak sebagai client.

Cara Masuk ke Komputer Orang Lain Lewat Jaringan LAN

Untuk komputer server biasanya memiliki hak akses yang lebih bebas dibandingkan dengan komputer client. Menariknya lagi, komputer server juga bisa masuk ke komputer client dan mengambil alih kendalinya. Misalnya saja melakukan shutdown pada komputer client, mengambil data di komputer client, membatasi hak akses di komputer client dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun mudah, ternyata tidak banyak yang tahu cara untuk masuk ke komputer client tersebut. Jika Anda juga salah satunya, berikut cara masuk ke komputer orang lain lewat jaringan LAN paling mudah bisa Anda terapkan.

Baca juga : Cara Masuk ke Komputer Orang Lain Lewat iP Address

Cara Masuk ke Komputer Orang Lain Lewat Jaringan LAN

Untuk melakukan cara satu ini, pastikan komputer yang Anda gunakan sudah terhubung dengan komputer yang ingin dimasuki. Hubungkan kedua perangkat tersebut menggunakan kabel LAN dan setting komputer tersebut sebagai client. Jika jaringan komputer sudah dibuat dan kedua komputer sudah saling terhubung, lanjutkan dengan menerapkan langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama Anda masuk ke jendela Command Promt dengan cara klik Start Menu, lalu pilih Accesories dan klik Command Promt. Atau bisa juga dengan cara klik kombinasi tombol Windows + R, lalu ketik cmd dan Enter.
  • Pada jendela Command Promt Anda ketik perintah SHUTDOWN.EXE –i –m (menggunakan spasi) lalu klik tombol Enter.
  • Nantinya akan muncul tampilan pop up yang bernama Remote Shutdown Dialog.
  • Sekarang Anda tinggal menambahkan alamat IP komputer client yang ingin dimasuki atau dikendalikan. Klik opsi ADD atau bisa juga dengan klik Browse jika ingin mencari IP client secara otomatis.
  • Selanjutnya Anda perlu menentukan perintah apa yang ingin dilakukan pada komputer client, baik itu melakukan restart maupun shutdown. Selain itu, Anda juga bisa menentukan waktu  untuk komputer mati atau yang sering dikenal dengan sebutan deat time.
  • Agar komputer lain atau pengguna komputer client tidak curiga ini karena ulah Anda, maka bisa dimanipulasi dengan menambahkan other atau planned. Dengan menambahkan opsi ini, maka pengguna komputer client akan mengira kalau server sedang maintenance. Sementara untuk semakin memperkuat kondisi tersebut Anda bisa menambahkan pesan maintenance kepada pengguna melalui COMMENT.

Pesan untuk pengguna komputer client bisa bermacam-macam sesuai keinginan Anda. Misalnya dengan mengirimkan kalimat “Komputer sedang error” atau “Komputer ini tidak bisa digunakan saat ini”.  

Sangat mudah bukan cara masuk ke komputer orang lain lewat jaringan LAN di atas? Sebenarnya masih ada banyak cara lain untuk masuk ke komputer lain melalui jaringan LAN untuk melakukan shutdown atau restart komputer. Misalnya saja menggunakan perintah langsung dari CMD atau command promt (shutdown –f –r –t 01 –m \\alamatIP atau nama PC), melalui Computer management, menggunakan perintah shutgui.exe dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain cara di atas, Anda juga memungkinkan mengendalikan komputer lain dengan cara memanfaatkan fitur Remote Desktop di Windows. Namun cara ini mungkin terbilang agak rumit, karena step-step untuk pengaturannya yang agak panjang. Namun, jika Anda benar-benar ingin mempelajarinya maka hal tersebut akan lebih mudah dilakukan. Bagi seorang murid SMK Jurusan TKJ mungkin cara ini akan mudah untuk diterapkan.

Banyak orang yang bertanya, bisakah mengendalikan komputer lain selain melakukan shutdown dan restart? Sebenarnya hal ini mungkin tidak bisa dilakukan, karena pada dasarnya sebuah komputer memiliki batasan hak akses tersendiri sekalipun bertindak sebagai client. Tetapi bagi pemain jaringan, mungkin hal tersebut bisa dilakukan, meskipun cara untuk melakukannya terbilang rumit. 

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 8

Sudah tahu kan cara masuk ke komputer lain melalui jaringan LAN? Terapkan tata cara di atas dengan benar. Semoga informasi di atas bermanfaat.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *