Simak Cara Melihat Hasil Screenshot Di Laptop Windows 7 Yuk!

Sering melakukan screenshot pada smartphone atau laptop Anda untuk menyimpan gambar atau untuk keperluan lain, namun Anda belum tau cara melihat hasil screenshot di laptop windows 7 atau pun windows terbaru. Sebenarnya fitur screenshot ini bukan merupakan hal yang baru, fitur ini sudah ada pada sistem operasi.

cara melihat hasil screenshot di laptop windows 7

Screenshot atau di sebut juga screen capture merupakan sebuah proses di mana Anda bisa mengambil suatu gambar ataupun file yang kemudian di simpan dalam bentuk file.

Fitur screenshot sangat bermanfaat untuk Anda, sebagai contoh Anda ingin menyimpan gambar dari video, menyimpan dokumen dalam bentuk gambar.

Dengan demikian, fitur ini sangat membantu Anda untuk menyimpan suatu berkas tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang cara melihat hasil screenshot di laptop windows 7, terlebih dahulu Anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan screenshot di laptop windows 7.

Cara melakukan screenshot di laptop sangatlah berbeda dengan menggunakan smartphone, yang sangat praktis dan setiap smartphone dengan jenis keluaran android mempunyai cara yang berbeda-beda.  

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda pahami.

  1. Langkah pertama adalah tekan tombol PrntScrn pada bagian layar yang akan Anda simpan di clipboard laptop.
  2. Langkah kedua, Anda harus membuka aplikasi yang Anda inginkan untuk menempel gambar yang telah Anda screenshot seperti Paint, Ms. Word ataupun Outlook.
  3. Langkah ketiga, tempelkan hasil screenshot dengan cara menekan tombol Ctrl+V .

Selain menggunakan cara print screen, terdapat aplikasi yang bisa di gunakan untuk melakukan screenshot jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap.

Baca juga : Cara Screenshot Laptop Asus Paling Mudah

Menggunakan aplikasi LightShot.

Aplikasi LightShot merupakan aplikasi yang paling mudah dan paling familiar di gunakan banyak orang. Aplikasi LightShot biasanya sering di gunakan pada laptop bersistem operasi Windows dan Mac dan semua jenis laptop yang bermerk beda.

Juga Aplikasi LightShot selain mudah untuk digunakan, aplikasi ini bersifat gratis. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, install aplikasi LightOut.
  2. Apabila aplikasi LightOut sudah terinstall, tekan tombol PrntSc pada keyboard laptop Anda.
  3. Kemudian pilihlah area pada layar monitor sesuai yang Anda butuhkan.
  4. Lalu klik kiri pada mouse dan tahan.

Selain menggunakan aplikasi LightOut, Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang lain seperti Jing. Aplikasi Jing tidak hanya berfungsi untuk melakukan screenshot gambar saja, melainkan aplikasi ini bisa di gunakan untuk merekam layar PC.

Hasil tangkapan layar dengan menggunakan aplikasi Jing, bisa di unggah pada Web yang secara otomatis akan terbuat URL ke konten.

Apabila Anda sudah melakukan langkah untuk mengambil screenshot di laptop tanpa menggunakan aplikasi, selanjutnya adalah melihat hasil screenshot pada folder penyimpanan yang telah tersedia secara default oleh windows

7. File yang telah di screenshot secara otomatis akan tersimpan pada sebuah folder, maka Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi pengolah gambar seperti paint maupun adobe photoshop.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat hasil screenshot sebenarnya sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Langkah pertama, buka file explore,
  2. Lalu, bukalah folder C kemudian klik picture, di dalam folder picture terdapat sebuah file yang bernama screenshot.
  3. Buka hasil tangkapan layar Anda dengan nama screenshot.png yang berupa file image.

Baca juga : Cara Screenshot di Laptop Terlengkap dan Paling Mudah

Jika Anda kesulitan, Anda bisa menggunakan cara yang lebih efektif untuk membuka folder hasil screenshot tersebut. Dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, buka file explore atau Anda bisa menekan tombol Win+E.
  2. Lalu, bukalah tab di sebelah kiri (buka This PC).
  3. Nah, di situ Anda akan melihat banyak folder. Selanjutnya buka folder Picture.
  4. Carilah dan buka folder dengan nama screenshot.
  5. Pada folder screenshot Anda bisa melihat file gambar hasil dari tangkapan layar dengan nama screenshot.png

Dengan mengetahui cara melakuakn dan melihat hasil screenshot, kini tidak perlu risau apalagi panik di saat kebingungan. Cukup perhatikan dan terapkan pedoman yang sudah di ulas di atas. Jika Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai cara setting melihat hasil screenshot di laptop windows 7.

Tinggalkan komentar