Bingung Memilih Game Edukasi Anak TK? Terapkan Tips Berikut

Diposting pada 98 views
game edukasi anak

Masa anak-anak merupakan waktu yang sangat berharga untuk tumbuh kembangnya. Pada masa itu pula, anak-anak berada pada fase sangat suka untuk bermain. Namun sebagai orangtua harus pandai menyeimbangkan antara bermain dan belajar. Berikut akan kita ulas apa saja tips yang tepat dalam memilih game edukasi anak TK, mari kita simak.

Sesuai Dengan Usia

Setiap tahapan usia anak memiliki tingkatan perkembangan masing-masing, bagi anak usia balita tentunya berbeda dengan anak-anak usia PAUD maupun TK, baik dari segi kognitif hingga segi intelektual yang dimiliki. Sehingga apabila Anda hendak memberikan game edukasi untuk anak, perlu kita sesuaikan dengan usia mereka.

Tidak Mengajarkan Kekerasan

Banyak sekali game yang tersedia pada dunia maya memiliki tampilan dan tema yang berbeda-beda. Bahkan tak sedikit game yang mengandung unsur kekerasan meski tidak secara eksplisit terlihat. Misalnya saja game tentang peperangan, perkelahian, dan tembak-menembak. Usahakan untuk memilih game yang soft pada anak usia dini, seperti olahraga, mewarnai, puzzle, dan game lainnya yang lebih mendidik.

Tidak Membuat Kecanduan

Merupakan hal yang wajar apabila dalam permainan membuat kecanduan para pemainnya, apabila hal ini sudah terjadi tentunya akan cukup sulit melepaskan kebiasaan tersebut. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Maka sebaiknya Anda hindari untuk memberikan game-game yang membuat candu, selain itu batasi pula waktu interaksi anak dengan game.

Misalnya saja, Anda berikan game-game yang memiliki durasi singkat namun tetap menarik, sehingga anak tidak merasa terfokus untuk menyelesaikan satu seri permainan hingga berlarut-larut. Selain itu arahkan anak untuk melakukan hal-hal lain yang menyenangakn untuk mengalihkan mereka pada game tersebut. Misalnya saja dengan membaca buku, berolahraga, bermain di taman, dan sebagainya.

Memiliki Nilai Edukasi

Memilih game edukasi anak TK bisa dibilang susah-susah gampang, mengingat usia anak-anak perlu banyak waktu untuk aktif bermain dan berinteraksi dengan dunia luar. Namun jangan lupa untuk tetap memberikan permainan-permainan yang mengandung nilai edukasi disamping permainan yang menghibur semata.

Misalnya saja game-game yang mengajarkan tentang membaca, bernyanyi, menghitung, mengenal nama hewan, mengenal tumbuh-tumbuhan, menyusun puzzle, dan beberapa game edukasi lainnya.

Lantas, tak hanya dibiarkan begitu saja anak bermain dengan sendirinya, dampingi dan beri arahan-arahan ketika mereka mulai ingin tahu tentang hal-hal baru. Ajarkan pada mereka permainan apa saja yang boleh dimainkan dan apa saja yang harus dihindari.

Sesuai Dengan Minat Anak

Setiap individu tentunya memiliki minat dan bakat yang berbeda, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Dalam hal ini berikan pada anak Anda game-game yang sesuai dengan minat mereka, dan ingat jangan memaksakan pada mereka hal-hal yang tidak disukai.

Biarkan mereka berkembang dengan imajinasinya, biarkan mereka memilih apa yang mereka sukai, tugas Anda lebih pada mendampingi dan mengarahkan. Hal ini agar sisi kekreatifan mereka tidak mati, agar bakat yang terpendam dapat ditampilkan tanpa dibatasi.

Mengandung Nilai Solidaritas

Rasa kepedulian terhadap sesama perlu ditanamkan sejak dini, sehingga perlu dijadikan acuan ketika memilih game edukasi anak TK. Nilai-nilai edukasi maupun solidaritas yang terkandung di dalam game lebih mudah terserap dalam memori anak, hal ini dikarenakan pembelajaran yang disisipkan dalam game disampaikan dengan cara yang menghibur dan menyenangkan.

Sekian beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam memilih game edukasi anak TK, jangan terlalu membatasi mereka untuk berimajinasi dan bermain. Berikan kebebasan namun tetap awasi serta dampingi tumbuh kembangnya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *