Rekomendasi Game Edukasi Anak yang Sangat Mendidik

Diposting pada 73 views
game edukasi anak

Di era digital yang semakin berkembang pesat ini, tentunya media pembelajaran tidak hanya didapatkan melalui pendidikan formal seperti di sekolah, diantaranya dapat melalui aplikasi-aplikasi game online yang tentunya mendidik. Lantas apa saja game edukasi anak yang disarankan untuk menemani keseharian sang buah hati? Berikut mari kita simak.

Educational Games Memory

Pilihan game satu ini cukup mengasah daya ingat anak dengan menampilkan permainan yang menarik. Dalam aplikasi ini terdapat 12 permainanuntuk mengembangkan memori dan kapasitas daya fikir anak. Game ini ditujukan untuk anak dari usia 5 hingga 10 tahun.

Pada anak usia dini, mereka akan menunjukkan perkembangan yang signifikan dari memori mereka. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu mereka berkonsentrasi serta fokus. Kemudian menjadikan mereka mampu merangsang kapasitas untuk melakukan observasi, serta membedakan suara musik dan mengasosiasikan dengan instrument yang berbeda.

Aplikasi ini didesain dengan sangat cermat dan penyajian yang sederhana sehingga dapat dengan mudah menjadikan mereka bermain sambil belajar. Game ini diciptakan oleh psikolog dan pendidik professional untuk memberikan konten yang pedagogis yang diperlukan untuk mengembangkan intelektual anak-anak.

Educational Game For Kids – Math

Aplikasi ini lebih memfokuskan pada pelajaran matematika. Disini anak-anak akan diminta menyelesaikan beragam soal matematika dalam bentuk bahasa inggris, dan setiap misi nya memiliki tingkat level yang berbeda. Jadi selain mengasah kemampuan menghitung anak-anak, aplikasi game edukasi ini juga mengasah kemampuan bahasa inggris mereka.

Baby Panda’s Body Adventure

Aplikasi ini dirancang untuk anak-anak dengan tujuan agar dapat bagian tubuh manusia, terutama memahami proses pencernaan makanan serta apa-apa saja yang sebaiknya dilakukan atau dihindari untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Sehingga sangatlah cocok jika termasuk dalam daftar game edukasi anak.

Disini anak akan diminta untuk menyelesaikan beberapa misi yang dikatkan mengenai organ tubuh beserta fungsinya. Disertai dengan video-video yang menarik serta alunan music yang riang menjadikan aplikasi satu ini tidak membosankan.

Soal Ujian SD

Aplikasi ini meyediakan beragam latihan soal ujian untuk anak-anak kelas 1 hingga 6 SD. Meskipun soal-soal yang disajikan cukup berbeda dengan di sekolah, namun game ini dapat dipakai untuk berlatih dan belajar. Beberapa mata pelajaran yang ditampilkan seperti matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, IPA, IPS, serta PPKn.

Bahkan tak hanya itu, game ini menyediakan fitur try-out, mencetak sertifikat serta rapor ujian setelah menyelesaikan beragam soal yang diberikan.

Edukasi Anak Muslim

Selain memberikan pendidikan dari segi pengetahuan umum, perlu adanya kita imbangi dengan pendidikan berbasis keagamaan. Beberapa aplikasi game edukasi untuk anak muslim seperti game anak sholeh, marbel muslim kids, moslem kids puzzle, game tajwid, rumah amalia, game edukasi belajar iqro’, Islamic girl puzzle toddlers, serta game tajwid petualangan.

Aplikasi-aplikasi tersebut disamping memberikan edukasi berbasis keagamaan, juga dapat menghindarkan anak dari konten-konten negatif. Game-game tersebut sangat menarik bagi anak karena menyajikan visual yang kreatif disertai animasi, musik, serta narasi.

Game-game ini bertujuan untuk mengasah keterampilan kognitif, sosial, pemecahan masalah, serta motorik halus anak. Selain itu dapat melatih anak untuk melakukan berbagai perilaku baik seperti berdoa, mengaji, shalat, berwudhu, serta berakhlaq mulia.

Kids Educational Game – Learn English

Aplikasi game satu ini mengajak anak-anak untuk belajar mengenal nama-nama buah, nama-nama hewan, bentuk-bentuk, angka, alphabet, serta warna-warna dalam bahasa Inggris. Seusai pembelajaran, di akhir sesi terdapat kuis yang akan menjadi media penguji sejauh mana pemahaman anak terhadap materi sebelumnya.

Demikian beberapa game edukasi anak yang kami rekomendasikan untuk menemani hari-hari anak Anda, semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *