Modul Komputer dan Jaringan Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2017

Diposting pada 13 views

Modul Komputer dan Jaringan Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2017 – Mengenal pada modul komputer dan jaringan dasar memang sudah saling diterapkan di pendidikan sekarang, kompetisi  ini masuk dalam kurikulum 2013 revisi 2017. Meski materinya sudah lama diterbitkan namun sudah ada pembaruan di tahun 2017 sampai saat ini.

Modul Komputer dan Jaringan Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2017

Berbicara mengenai jaringan dasar komputer merupakan mata pelajaran yang harus di berikan di jurusan atau keahlian seperti TKI (Teknik komputer dan Informatika). Metode yang di ajarkan di modul komputer dan jaringan dasar ini berfokus pada pendekatan scientifik. Sifatnya bebasis sains dimana untuk melakukan pendekatan khusus di bidang ilmiah, dan tidak lupa di ikutsertakan teori, keterampilan.

Pada proses pembelajaran jaringan dasar kurikulum ini tujuannya memang ingin memecahkan masalah yang sulit untuk terjawab, hendaknya pada metode pembelajaran seperti ini memberikan bukti bahwa dalam logika berfikir menjadi terbukti. Syarat modul komputer dan jaringan dasar ini sama halnya dengan matpel pemograman web, merakit kompinen komputer dan sistem operasi.

Baca juga : Materi Komputer dan Jaringan Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2017

Modul Komputer dan Jaringan Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pada modul komputer dan jaringan dasar kali ini bertujuan untuk memahami serta menganalisa jaringan komputer (Personal Area Network). Apa itu PAN? Sebuah jaringan yang beratas nama perangkat menuju ke perangkat lain dengan jarak yang berdekatan. Biasannya sambungan PAN ini banyak digunakan di sekitar anda seperti halnya ponsel, komputer, telepon dan lain sebagainnya.

Uraian Materi Modul Komputer dan Jaringan

1. Jaringan LAN

LOCAL Area Network atau LAN merupakan jaringan komputer yang area-nya tidak luas atau bisa dibilang berada di sekitarnya saja. Biasannya jaringan LAN ini mencakup seperti perkantoran, kampus, rumah dan ruangan yang wilayahnya tidak jauh.

Karakteristik pada LAN ini terdiri dari, antara lain :

  • Biasannya data lbih tinggi, karena berada di area terdekat.
  • Wilayahnya tergolong tidak luas atau bisa dibilang kecil
  • Tanpa perlu membutuhkan jalur lain , khususnya termasuk operator telekomunikasi.

2. Jaringan WAN

WAN merupakan suatu jaringan pada komputer yang terhubung ke suatu wilayah tertentu, jaringan ini dikategorikan sangatlah luas bahkan bisa melalui antar kota maupun negara. Jaringan seperti WAN memang selalu butuh router dan juga komunikasi pada publik.

Mengoknesikan jaringan WAN sendiri tentu saja yang di pakai alat khusus, karena jaringan ini sudah besar tingkatannya hampir semua wilayah akan merasakannya. Seperti jaringan WAN sebagai pusat layanannya menggunakan satelit di atasnya.

Baca juga : Apa yang Kamu Ketahui Tentang Jenis-jenis Jaringan Komputer? Ini Jawabannya

3. Jaringan MAN

MAN disebut juga sebagai Metropolitan Area Network, jaringan ini biasannya banyak anda jumpai di perkotaan, kinerja dari jaringan MAN jika anda mengirim data kecepatannya luar biasa. Jaringan ini jika di sekitar anda digunakan oleh banyak instansi seperti ruangan lab, sekolahan, kantor dan masih banyak lagi lainnya.

Artinya jaringan MAN juga mengcover semua wilayah perkotaan, berbicara tentang jaraknya pun lumayan jauh mencapai Kilometeran. Jadi kesimpulannya anda saat ini juga menggunakan jaringan MAN tentu saja termasuk Internet pada smartphone anda.

4. Jaringan OSI

Pasti anda belum pernah mendengar dengan jaringan OSI ini, OSI merupakan sebuah jaringan dari satu perangkat melalui perangkat lainnya. melihat dari kegunaan OSI ini memang banyak keuntungannya di antarannya seperti :

  • Pada jaringan yang sama saling memberikan referensi, sehingga tidak pernah mengalami kres atau gangguan.
  • Mudah untuk memahaminnya ketika jaringannya membagi tugas.
  • Troubleshooting sangat mudah dilakukan.
  • Jaringan sekaligus pirantinnya membawa ke jaringan standart interoperability.
  • Selalu memberikan modulnya di dalam fitur 2, sehingga anda bisa bermain ambil sesuai keinginan penggunanya.

5. Jaringan Physical Layer

Merupakan sebuah jaringan yang tak lepas dari OSI dimana jaringan ini karekteristik dari perangkat keras, fungsi dari jaringan Physical Layer memberikan perbaikan atau menstabilkan data analog dan juga data digital. Physical layer mencakup sinyal data, dan transmisi jaringan.

Baca juga : Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah

Nah, itu tadi tentang Modul Komputer dan Jaringan Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2017. Semoga informasi ini memberikan pedoman buat anda semuannya serta juga menambah wawasan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *