Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network

Diposting pada 94 views

Windows 10 Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network – Dalam dunia kerja, sharing data antar komputer sangat penting peranannya. Hal ini tentunya untuk mempermudah para pengguna dalam hal akses data satu sama lain. Selain itu, cara ini juga akan membuat efisiensi waktu menjadi lebih baik dibandingkan harus berbagi data secara manual. Agar bisa melakukan sharing data, perangkat komputer harus saling terhubung dalam sebuah jaringan komputer.

Windows 10 Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network

Bagi Anda yang merupakan lulusan TKJ mungkin tidak sulit untuk membuat jaringan komputer seperti ini. Namun, bagi orang awam hal tersebut tentunya dianggap sangat sulit untuk dilakukan. Apalagi saat membuat jaringan komputer terkadang ada sebuah kendala yang dialami pengguna, misalnya komputer lain yang tidak terlihat.

Berbagi file dan data seperti ini paling mudah dilakukan menggunakan komputer Windows (versi berapapun). Kembali ke masalah komputer lain yang tidak terlihat, hal ini sering ditemukan pada komputer dengan Windows 10 yang sharing data dengan komputer Windows versi lainnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi Windows 10 tidak bisa melihat komputer lain di network tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Baca juga : Tidak bisa melihat komputer lain di network windows 10

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network

Masalah Windows 10 yang tidak bisa menemukan atau melihat komputer lain di nework ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya mungkin karena Anda salah dalam melakukan setting untuk keperluan sharing data dan file tersebut. Jika ini yang menjadi faktor utamanya, maka solusi paling tepat yakni mengecek ulang settingan sharing data dan filenya.

Jika memang Anda masih bingung untuk cara mengatasi masalah tersebut, maka bisa membaca ulasan di bawah ini. Berikut cara mengatasi Windows 10 tidak bisa melihat komputer lain di network selengkapnya, yakni:

1.  Atur ulang Network and Sharing Center

Cara yang pertama untuk mengatasi komputer lain tidak terlihat di Windows 10 yakni dengan mengatur ulang pada Network and Sharing Centernya. Mungkin saja Anda masih belum mengaktifkan fitur sharing di komputer Anda. Untuk mengatur mode sharing di Network and Sharing Center sendiri, sebagai berikut:

  • Klik pada Start Menu atau logo Windows di pojok kiri bawah layar.
  • Setelah itu, pilih opsi Control Panel.
  • Selanjutnya pilh opsi Network and Sharing Center, lalu pilih Advanced Sharing Center.
  • Pada halaman ini Anda scroll ke bawah, lalu pada bagian Network Discovery pilih Turn On……
  • Pilih Turn On… juga pada bagian File and Printer Sharing.
  • Dan juga Izinkan Windows manage homegroup connection.
  • Jangan lupa juga aktifkan sharing public dengan cara pilih Turn on sharing so anyone.
  • Dan terakhir pada bagian Password prtection, Anda pilih Turn Of…

Baca juga : Tidak bisa melihat komputer lain di network windows 7

2. Atur Ulang Network and Internet

Masalah Windows 10 yang tidak bisa melihat komputer lain di Network mungkin juga disebabkan karena Anda tidak mengatur dengan benar pada Network and Internet. Untuk mengaturnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama Anda buka menu Windows Settings.
  • Selanjutnya pilih opsi Network and Internet.
  • Sekarang Anda perlu memilih jenis sambungan yang digunakan. Jika menggunakan kabel LAN maka bisa memilih Ethernet. Namun, jika menggunakan koneksi nirkabel maka bisa memilih Wi-Fi.
  • Klik pada ikon Jaringan, lalu lakukan enable pada Make this computer acces-nya.
  • Selesai.

3. Pengaturan pada Windows Features

Pada beberapa kasus, tidak terlihatnya komputer lain di Windows 10 pada jaringan atau network mungkin disebabkan oleh pengaturan yang ada di Windows Features belum diperbaiki. Untuk melakukannya juga sangat mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka jendela Command Promt.
  • Pada halaman tersebut Anda ketik perinta optionalfeatures.exe lalu tekan tombol Enter.
  • Scroll ke bawah dan temukan opsi SMB 1.0/CIFS File Sharing Support.
  • Di bawah opsi tersebut, hilangkan tanda centang pada bagian SMB 1.0/CIFS Automatic Removal dan SMB 1.0/CIFS Server.
  • Sementara untuk bagian  SMB 1.0/CIFS Client, tanda centang dibiarkan tetap ada.

Baca juga : Cara Mengetahui iP Address Komputer Lain Dalam Satu Jaringan

Sangat mudah bukan cara mengatasi Windows 10 tidak bisa melihat komputer lain di network di atas? Jika semua langkah di atas sudah dilakukan namun tetap komputer lain tidak terlihat, maka Anda bisa mencoba melakukan Reset Network. Biasanya cara ini juga cukup ampuh mengatasi masalah dalam jaringan komputer tersebut.

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *