Jenis Jaringan Komputer Dimana Server Melayani Permintaan Client Disebut?

Diposting pada 181 views

Jenis Jaringan Komputer Dimana Server Melayani Permintaan Client Disebut – Pada artikel sebelumnya kami telah membahas apa saja jenis-jenis dari jaringan komputer yang sering digunakan sekarang ini. Jenis jaringan komputer secara garis besar dibagi menjadi empat, yakni Jaringan PAN, LAN, MAN dan WAN. Jaringan LAN lebih banyak dipilih karena cara membuatnya yang mudah dan biaya yang diperlukan tidak begitu besar. Selain itu, efisiensi dalam penggunaan juga menjadi salah satu kelebihan dari jaringan LAN tersebut.

Jenis Jaringan Komputer Dimana Server Melayani Permintaan Client Disebut

Bagi Anda para murid SMK jurusan komputer dan jaringan, sudah wajib hukumnya mengetahui apa saja jenis jaringan komputer yang ada. Pasalnya, ini nantinya akan berguna saat nanti Anda lulus dari sekolah dan masuk ke dunia kerja. Tetapi demikian, masih ada saja murid yang bingung dengan sistem jaringan komputer tersebut. Buktinya saat ujian atau ulangan, ada satu pertanyaan yang terlihat gampang tapi tidak bisa menjawabnya dengan benar. Pertanyaan tersebut yakni “ Jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client disebut? “. Apakah Anda juga bingung dan ingin tahu jawaban dari pertanyaan tersebut? Informasi lebih jelasnya bisa Anda simak di bawah ini.

Baca juga : Apa yang Kamu Ketahui Tentang Jenis-jenis Jaringan Komputer? Ini Jawabannya

Jenis Jaringan Komputer Dimana Server Melayani Permintaan Client Disebut?

Untuk pertanyaan seperti ini sebenarnya sangat mudah untuk dijawab. Tetapi, tidak dipungkiri memang masih ada saja beberapa siswa yang tidak tahu jawab dari pertanyaan tersebut. Nama jaringan yang mana server bertindak sebagai pelayan dari client ini sendiri disebut dengan Jaringan Client-Server. Jenis jaringan satu ini masih termasuk dalam jaringan LAN. Pasalnya, sambungan yang digunakan untuk jaringan tersebut yakni kabel LAN. 

Satu komputer akan bertindak sebagai server dan komputer lainya bertindak sebagai client. Komputer server memungkinkan untuk membatasi komputer client dalam penggunaan sumber daya, misalnya saja koneksi internet. Di sini komputer server bebas mengatur situs mana saja yang boleh dan tidak boleh diakses oleh komputer client. Jenis jaringan seperti ini, biasanya sering digunakan di sekolah, instansi ataupun kantor. 

Kelebihan Jaringan Client –Server

Jenis jaringan client-server ini sendiri menjadi pilihan favorit untuk digunakan. Hal ini dikarenakan car membuatnya yang mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, masih ada banyak lagi kelebihan lain dari jaringan client-server yang bisa didapatkan oleh pengguna. Adapun beberapa kelebihan tersebut, antara lain:

  • Kontrol sepenuhnya ada di Server. Kelebihan jaringan client server yang pertama yakni hak kontrol yang sepenuhnya ada pada komputer server. Jadi, komputer client tidak bisa melakukan aktivitas yang aneh-aneh karena pembatasan sudah dilakukan di server. Selain itu, aktivitas jaringan juga bakal lebih aman karena komputer server yang mengontrol akses, resource, dan integritas data.
  • Mencegah kehilangan data. Komputer server juga berperan sebagai pusat backup data pada komputer client. Server juga bisa mengatur backup data otomatis pada komputer client, sehingga kemungkinkan kehilangan data akan lebih diminimalkan. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kehilangan data pada komputer client, mulai dari virus hingga kesalahan pada harddisk komputer client.
  • Perawatan yang lebih mudah. Dibandingkan dengan jenis jaringan lainnya, jaringan client-server dianggap lebih mudah. Anda memungkinkan melakukan perawatan menggunakan remote akses melalui komputer server.
  • Skalabilitas. Pada jaringan client-server, Anda juga memungkinkan untuk menambah jumlah komputer tanpa harus mengganggu jaringan yang sudah ada.
  • Tingkat keamanan yang lebih baik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam jaringan client-server kontrol sepenuhnya ada pada komputer server. Dalam hal ini komputer server bisa mengatur hak akses data pada server, serta mengatur hak akses dari setiap komputer client. Dengan demikian, keamanan data akan lebih terjamin karena setiap komputer client tidak bisa melakukan aktivitas lain yang bukan menjadi haknya.

Meskipun ada banyak sekali kelebihan dari jaringan client-server, namun ternyata ada kekurangan yang dimilikinya. Salah satu kekurangan pada jaringan client-server yakni lambatnya respon server terhadap komputer client. Hal ini akan semakin diperparah jika lalu lintas dalam jaringan yang terbilang padat.

Baca juga : Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah

Sudah tahu kan jawaban dari “ Jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client disebut “? Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *